Kelas Hypnobirthing Lanny Kuswandi

Saturday, July 9, 2016

Kelas hypnobirthing yang aku ikuti ketika itu diadakan di RSIA Bunda, Menteng. Kebetulan yang aku ikuti adalah public class. Jadi bersama dengan kurang lebih 10 pasangan lainnya. Tapi sebenarnya bu Lanny ini juga memiliki kelas private lho yang diadakan di klinik nya. Biaya nya lebih besar sih tapi seharusnya lebih leluasa ya mau bertanya apapun.

Pada hari pertama kelas hypnobirthing ini aku dan suami telat datang! Haha. Mungkin sudah seperempat kelas kita baru sampai. Ketika kita sampai, bu Lanny sedang menjelaskan kalau hypnobirthing ini berguna tidak hanya untuk ketika melahirkan tapi juga selama kehamilan. Ya, melalui hypnobirthing kita bisa mem-program pikiran kita untuk selalu tenang dan bahagia sehingga bayi yang ada didalam perut pun ikut tenang dan bahagia. Iya, bayi itu didalam perut menurut bu Lanny sudah mengerti lho perasaan orang tua nya! They are genius!

Jadi hati-hati ya untuk para bumil kalau mengucapkan sesuatu jangan sampai mengucapkan sesuatu yang bisa menyakiti hati bayi! Bu Lanny bercerita bahwa ada pasangan Batak yang menginginkan untuk memiliki anak laki-laki. Si bapak selalu bilang kalau bayi nya pasti anak laki-laki! Sampai suatu hari USG, ternyata bayinya meringkuk seperti menyembunyikan jenis kelaminnya. Lucunya, hal ini terjadi berulang kali setiap USG. Bu Lanny akhirnya pun curiga bahwa bayi ini sebenarnya perempuan dan menyembunyikan kelamin karena takut mengecewakan orang tuanya. Sedih ya? Hiks. Akhirnya orang tuanya pun mulai melunak. Sebelum USG berikutnya, kedua orang tua ini berbicara dengan bayi yang ada di perut, "Nak, mama papa menerima kamu kok apa adanya. Kamu perempuan ataupun laki-laki, kita sayang sama kamu." Amazingly, di USG kali ini bayinya tidak meringkuk lagi dan memperlihatkan kelaminnya! Dan ternyata memang benar, bayinya perempuan. Rupanya selama ini si bayi menyembunyikan kelaminnya karena takut mengecewakan orang tua nya. Sedih ya sekecil itu sudah harus memiliki perasaan takut kayak gitu. Makanya penting banget untuk semua ibu hamil untuk menerima kondisi bayi apa adanya dan juga selalu bahagia!
Bu Lanny juga memberitahu bahwa rasa sakit ini sebenarnya banyak disebabkan oleh sugesti. Kalau kita lihat di TV ataupun film, proses kelahiran itu pasti sangat dramatis! Dimana ibunya ngos-ngosan ataupun teriak kencang ketika melahirkan. Hal-hal seperti ini nih yang menyebabkan kita selalu mengkonotasikan melahirkan dengan rasa sakit. Padahal sebenarnya, melahirkan adalah hal normal dan wajar yang dialami oleh hampir seluruh perempuan dimanapun. Nah, disinilah guna hypnobirthing yaitu untuk mengubah mindset bahwa melahirkan adalah sesuatu yang normal dan bisa dinikmati!

Merubah mindset ini juga bukanlah proses yang cepat. Makanya disarankan untuk mengikuti proses hypnobirthing ketika pada trimester awal supaya bisa benar-benar merubah mindset dan proses kehamilan juga melahirkan pun bisa lancar. Aku sendiri mengikuti hypnobirthing ini pada usia kehamilan 4 bulan. Di kelas tersebut usia kehamilan nya bervariasi bahkan ada yang sudah hampir 9 bulan! Menurut bu Lanny, tidak ada kata terlambat! Asalkan rajin berlatih!
Proses merubah mindset ini diawali dengan relaksasi yang diajarkan oleh bu Lanny. Semakin rileks, semakin mudah juga untuk pikiran kita menerima mindset yang baru. Selain relaksasi, suami juga diajarkan pijat oxytocin. Pijat ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit kontraksi! Makanya penting banget untuk suami ikut ke kelas ini juga. Pijat oxytocin ini enak banget lho! Aku sampai mau tidur pas dipijat hahaha!
Bu Lanny juga memberikan banyak tips dan trik lain selama kehamilan seperti:
1. Jika ingin melahirkan normal, harus sering berolahrag. Yang paling disarankan adalah berjalan kaki.
2. Hubungan suami istri adalah salah satu induksi alami yang efektif. Hal ini dikarenakan sperma memiliki kandungan yang bisa memacu kontraksi. Jadi kalau sudah usia kehamilan diatas 38 minggu, disarankan untuk sering melakukan hubungan suami istri.

3. Usahakan untuk menunggu pembukaan dirumah dan bukan dirumah sakit. Tapi hal ini hanya berlaku kalau memang kehamilan normal dan juga selama proses kontraksi tidak ada kemungkinan komplikasi ya. Kenapa? Karena kalau di RS terlalu lama, biasanya pihak RS akan melakukan tindakan invasif (seperti induksi buatan) yang membuat proses kelahiran lebih cepat. Padahal menurut bu Lanny, proses pembukaan yang lama adalah suatu hal yang wajar. Anak bu Lanny sendiri pun mengalami proses pembukaan satu hingga melahirkan selama seminggu!






Nah, pulang dari kelas ini berarti dimulailah proses memasukkan mindset hypnobirthing ke dalam diri sendiri! Didalam goodie bag yang diberikan terdapat buku bu Lanny dan juga CD yang bisa didengarkan untuk membantu proses hypnobirthing. Disarankan untuk mendengarkan CD ini sesering mungkin! Aku sendiri mendengarkan CD ini setiap malam sebelum tidur. Hasilnya? Nanti kuceritain di blog post berikutnya ya!

1 comment:

  1. Wah sharingnya bagus sekali mbak putri salam kenal aku asistant bu lanny :) Boleh minta contactnya mbak putri?

    ReplyDelete