Persiapan Menyusui

Wednesday, July 6, 2016


Dari sebelum melahirkan aku sudah banyak cari-cari info mengenai ASI. Aku juga ikut konsultasi di RS Carolus dengan dr. Jeanny yang terkenal itu. Recommended banget lho dateng kesana sebelum melahirkan untuk tahu lebih banyak lagi mengenai ASI. Tapi jangan lupa untuk ajak suami juga ya! Salahnya aku ketika itu adalah aku nggak ajak suami. Akibatnya sempet “disentil” juga sm dr. Jeanny hehe.

Menurut dr. Jeanny, penting banget untuk ajak suami dan pengasuh yang bakal mengasuh anak nanti sehari-harinya (kalau kamu working mom). Kenapa? Karena biasanya suamilah yang akan memberi support ke kita untuk terus berjuang kasih ASI. Dan kenapa pengasuh? Karena dia perlu tahu betapa pentingnya menghindari penggunaan dot dalam memberikan ASIP (ASI Perah). Pertanyaan berikutnya yang sering ditanya adalah, “Kenapa emang kalau kasih ASIP dengan dot?” Nah, ternyata penggunaan dot itu akan membuat anak menjadi bingung puting. Bingung puting adalah kondisi dimana bayi bingung dan lebih prefer untuk menyusu lewat dot dibandingkan langsung dari payudara ibunya sendiri karena dot memiliki aliran susu yang lebih stabil sehingga bayi tidak harus bekerja lebih keras dalam mengeluarkan susu dari dalam dot. Memang nggak semua bayi akan mengalami bingung puting, kalau nggak salah, hanya sekitar 20% dari seluruh bayi yang mengalami bingung puting. Jadi banyak-banyak doa yah kalau bayi kamu nanti nggak bingung puting hehe.

Di kelas persiapan menyusui ini dr. Jeanny menjelaskan pentingnya ASI dan juga bagaimana cara menyusui yang benar. Menurut ku sih bagus banget kalau kamu bisa mengajak ibu atau mertua kamu kesini. Supaya mereka tahu pentingnya ASI. Soalnya menurut mamaku, jamannya dulu dia melahirkan aku itu lagi jaman gencar-gencarnya susu formula. Jadi menurut dia, jaman dulu kurang banyak orang yang tahu tentang pentingnya ASI.

Oh ya, dr. Jeanny juga mengingatkan untuk jangan lupa untuk IMD ketika melahirkan. Karena IMD itu membantu untuk merangsang keluarnya ASI dan juga supaya bonding antara anak dan ibu bisa lebih bagus lagi. Dr. Jeanny juga menyarankan untuk kembali ke klinik laktasi RS Carolus satu hari setelah pulang dari RS setelah melahirkan untuk dievaluasi lagi cara latch on (peletakan menyusui), pijat laktasi dan hal lainnya yang berhubungan dengan menyusui.

Oh ya, biaya kelas ini juga tergolong murah dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan. Kalau nggak salah hanya sekitar Rp. 120,000. Jadi, recommended banget untuk semua ibu hamil ya kelas ini! Buat yang berniat untuk ke RS Carolus, ini nomornya 23567908 ya!

No Comments Yet, Leave Yours!