Persiapan Melahirkan Dengan Hypnobirthing

Saturday, July 9, 2016

Pas masih kecil dulu aku pernah beberapa kali mendengar ada teman mama atau saudara yang meninggal ketika melahirkan. Jujur saja, berita seperti itu cukup traumatik lho untuk seorang anak kecil! Sampai suatu saat aku bermimpi Jasmine (nya Aladin) meninggal ketika melahirkan! Wah aku sempet kebawa perasaan banget sampai nangis-nangis dan ketakutan punya anak! Beruntungnya, seiring berjalan waktu ketakutan itu pun semakin lama semakin menipis.

Sehabis menikah, aku dan suami memang berencana untuk menikmati masa pacaran dulu selama setahun. Maklum ya, kita dulu pacaran 3tahun LDR! Hehe. Tapi ternyata kita mendapatkan rejeki anak ini ketika usia pernikahan baru menginjak 5bulan.

Jadwal menstruasi ku selalu tepat waktu. Makanya ketika aku telat mens seminggu, aku sudah curiga banget! Soalnya nggak pernah sekalipun telat! Akhirnya kita pun memberanikan diri untuk melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack. Ada 2 test pack yang kita gunakan. Lucunya, kedua test pack memberikan hasil yang berbeda! Ada yang positif, ada yang negatif. Huff. Akhirnya pagi itu juga kita memutuskan untuk langsung cek ke dokter kandungan.

Aku masih ingat sekali ketika akan USG transvaginal, dokternya bilang "Ya kalau baru telat seminggu sih kebanyakan nggak keliatan ya kantong kehamilannya. Jadi agak susah dilihat sudah hamil atau belum." Dan persis ketika beliau selesai ngomong, dilayar monitor terlihat lah kantong kehamilan itu. Beliau sendiri juga kaget lho! "Loh, itu sudah ada kantong kehamilannya! Ya bener nih sekitar 5 minggu hamilnya." Sebelum dokternya ngomong kayak gitu sih aku sudah tahu kalau aku hamil haha. Soalnya sebelumnya aku juga lumayan sering USG dan tiap USG di monitor itu hanya layar hitam saja. Berbeda dengan kali ini. Ada putih-putih juga disana. Tapi walaupun begitu, jujur saja aku shocked berat! Karena memang aku dan suami nggak nyangka akan hamil secepat ini!

Sampai rumah aku masih shocked. Ada banyak perasaan campur aduk disana. Bahagia, bingung, sedih, takut, semua deh! Bahagia? Ya tentu dong! Namanya juga mau punya anak. Bingung? Hm mungkin karena aku dulu merasa belum siap. Sedih? Iya, soalnya aku dan suami dulu berencana setiap bulan kita keluar kota. Sedangkan kalau hamil pasti nggak mungkin kan hehe. Takut? Takut melahirkan! Aaargh! Teman-temanku sebagian sudah punya anak dan semua bilang kalau melahirkan itu sakiiiiit banget! Gimana nggak parno kan dengernya? Huff.

Ketakutan ku ini pun akhirnya membuatku rajin browsing mengenai kehamilan dan melahirkan. Salah satu yang sering ku googling adalah "Melahirkan tanpa sakit." Ya sebenarnya sih agak bodoh kali ya googling hal itu. Mana ada sih melahirkan tanpa rasa sakit? Tapi ternyata, banyak artikel dan blog post yang menulis tentang melahirkan tanpa sakit ini! Banyak ada yang orgasme ketika melahirkan! Hebat ya! Ternyata rahasia dari bebas rasa sakit ini adalah hypnobirthing!

Apa sih hypnobirthing itu? Hypnobirthing adalah cara untuk mengurangi rasa sakit ketika melahirkan dengan menggunakan kekuatan pikiran. Ya, jadi kurang lebih hypnobirthing itu seperti menghipnotis diri kita sendiri bahwa melahirkan itu tidak menyakitkan. Amazing ya?

Ternyata di Indonesia masih sedikit bidan yang mempelajari hypnobirthing tersebut. Salah satunya adalah ibu Lanny Kuswandi. Beliau memiliki klinik bernama Pro-V clinic yang memiliki fokus pada kesehatan keluarga. Beliau juga menulis buku mengenai hypnobirthing yang berjudul "Keajaiban Hypnobirthing." Aku sendiri excited banget dan langsung membeli buku tersebut. Aku juga langsung menghubungi klinik bu Lanny dan beruntung banget karena ternyata bu Lanny akan mengadakan seminar hypnobirthing di RS Bunda untuk para calon orang tua. Kalau tidak salah, harga tiket kelas ini sebesar Rp. 1,100,000 untuk sepasang calon orang tua. Kelasnya sendiri diadakan selama dua hari. Jadi lumayan worth it lah ya! Berawal dari sinilan perjalanan kehamilan ku bersama hypnobirthing dimulai. Mengenai seminar hypnobirthingnya sendiri akan aku share di post besok ya!

No Comments Yet, Leave Yours!